Thursday 24 September 2015

Tentang Percakapan Masa Depan.

pada saat itu umur saya masih 17 atau 18 tahun, duduk di bangku kelas 3 SMA.
 Layaknya kebanyakan perempuan ketika berkumpul pasti membicarakan satu hal ke hal yang lain.. mulai dari bergosip sampai ke planing di masa depan..
obrolan kami pada saat itu ingin lulus dan masuk universitas negri yang kami inginkan.. entah kenapa obrolan kami ini berlanjut ke arah planing menikah..

ruang kelas tampak sepi.. sebagian siswa-siswi sedang ke kantin hanya beberapa orang saja yang berada di ruang kelas. salah satunya saya dan maya. *setting ruang diani lupa, kayanya bukan di kelas deh.. soalnya kalo di kelas percakapan ini ada 3 orang yaitu diani, maya dan anita. Tapi seingat diani anita ga ada. malah diani menyampaikan percakapan ini ke anitanya langsung setelah anitanya muncul. jadi maaf kalo ada kesalahan dalam tulisan. penulis hanya ingat apa yang di bicarakan.*

"eh,, mau nikah di umur berapa?" ucap salah satu dari kami.. saya lupa siapa yang mulai tapi pada saat itu saya sama sekali belum kepikiran tentang pernikahan. karena saya berpikij itu masih lama.

"mungkin antara 23, 24, 25 tahun.. soalnya biasanya orang nikah umuran segitu. lagian juga mau bahagian orang tua dulu may." ucap saya sambil menggaruk-garukan kepala.

"ih ni, jgn tua-tua kalo nikah.. biar ga kesulitan saat punya anak, biar umur anaknya juga ga terlalu jauh dari kita" ucap maya meyakinkan diani..

"emang kalo maya mau umur berapa?"

"maunya mah umur 23thn.. nih ni kalo di itung-itung kan sekarang umurnya 18thn terus kuliah maksimal 4thn berarti umur kita udah 22thn saat wisuda, pada saat wisuda kita udah punya calon ni" ucap maya.
 *calon??, mungkin enak yahh wisudaan sama calon*

"nah setelah lulus terus kita kerja selama satu tahun buat ngumpulin modal nikah, jgn sampai kita udah nikah masih tinggal dirumah orang tua apalagi nikahnya di biayain orang tua.." lanjut maya

"udah satu tahun kerja umur kita pas tuh ni 23thn. yah kalo engga 24thnlah saat nikah, yang penting jangan lebih dari 25thn." lanjut maya

"terus may, kapan ngebahagiain orang tuanya?? kita kan pengen ngebahagia mereka."

"ni, ngebahagiain orang tua masih bisa walaupun udah nikah.. lagian kalo kita tetep tinggal sama orang tua bukannya kita malah semakin ngerepotin mereka?. kita kan harus hidup mandiri ni."

"iya may.."
obrolan kamipun berakhir..
setelah obrolan tadi saya membuat rencana seperti itu..
dari percakapan itu saya memahami. harus lulus maksimal 4tahun agar sesuai dengan rencana dan tidak perlu membayar ukt terlalu banyak..
selain itu target bekerja setelah lulus harus diterapkan. karena semakin lama kita blm mendapat pekerjaan, maka semakin jauh dari target menikah dan membahagiakan orang tua..
hidup mandiri tanpa bantuan orang tua, dan malah seharusnya memberi apa yang mereka butuhkan, bukan sekedar uang. tapi kebahagian dan kesenangan di masa senja.

pikiran kita pada saat masih lurus tak memikirkan berbagai rintangan.. ketika rindangan datang mungkin itu akan membuat rencana kita lebih bewarna dan nampak indah. setidaknya hal kecil seperti ini kita rencanakan.. kalaupun melenceng setidaknya tidak melenceng banget. karena kita punya patokan.

No comments:

Post a Comment