Saturday 16 January 2016

MAGANG DI SUMUR UJUNG KULON #1


hari pertama di sini..
butuh adaptasi lagi setelah kemarin kemarin merasa sudah nyaman di balai TNUK.
Kantor ini bernama "Kantor Seksi Pengelolaan TH wilayah III Sumur" berada tepat di pinggir jalan.

Namun untuk melihat kendaraan umum lewat di depen kantor saja perlu waktu berjam jam bahkan kendaraan umum yang melewati kantor ini dapat di hitung oleh jari. hihihi jadi engga bisa kabur buat pulang begitu aja ke rumah.. :D
yahh lagian kalo mau pulang membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam untuk sampai Labuan dan waktu 3 jam lagi untuk sampai serang. Waktu yang cukup panjang dan ga bisa dipakai untuk pulang pergi serang-sumur ujung kulon dan sebaliknya.

Jika kalian hendak kesini. Kalian bisa menaiki bus elf atau bus damri dari Serang atau dari daerah labuan. Sepanjang perjalanan kalian akan disuguhi dengan pemandangan pinggir pantai, namun setelah memasuki kawasan Taman Nasional Ujung Kulon kalian akan disuguhi dengan pepohonan yang tinggi dan besar layaknya di hutan.
Oia buat kalian yang engga kuat dengan laju jalan berkelok kelok jangan lupa plastik hitam hihihi perjalanan yang membuat perut kalian terguncang-guncang.

disini wilayah yang masih alami dan terjaga, banyak hewan seperti kera, anjing, tupai, kambing, ayam dan hewan hewan melatah lainnya yang bebas berkeliaran.
Disekelilingnya ada pohon dengan diameter besar yang ga muat di peluk oleh diani.. hihihi katanya samping kantor ini aja sudah termasuk kawasan hutan lindung.. hihihi anak kebon jadi anak hutan sekarang.. :D



masyarakatnya mahir mengunakan bahasa sunda dengan intonasi yang cepet, disitulah saya merasa kesulitan karena harus mengartikan secara perlahan lahan. bisa jadi setiap kali berbicara saya dengan masyarakat terjadi miss komunikasi.. *seharunya ini engga terjadi*

Selain bahasa, disini kesulitan air bersih.. katanya sih tiap kali hujan saluran air bersih mampet karena ada tanah yang masuk ke lubang saluran air bersih dan setiap kemarau juga mampet karena tidak adanya air.. jadi buat mandi pun mereka harus pergi ke mesjid atau musolah terdekat.

satuhal yang diani kasih tau.. jangan berekspetasi lebih buat dapetin hal yang kalian mau disini.. semua serba alami dan apa adanya.
disini tempat mengabdi dan belajar bukan main-main dan liburan.
SEMANGATT..!!! :D


1 comment:

  1. ciye, dek diani. Teh Tika nya ko ngga dimasukin tulisan hahaha.
    btw, kalo naek bus Damri perjalanan Sumur - Serang cuma 4 jam ko.
    Seksi Pengelolaan Taman Nasional (TN) bukan TH ya.
    Nice to Know you anyway, mampir sini lagi yuk!

    ReplyDelete