Tuesday 20 May 2014

POLITIK NASIONAL DAN STRATEGI NASIONAL




Abstrak
Politik berkaitan dengan kekuasaan, kekuasaan diperoleh dengan dua cara yaitu cara kekerasan contohnya peperangan dan cara damai yang biasanya didapat dengan kekuatan rakyat atau suara rakyat contohnya pemilu. Apabila kekuasaan ditindak lanjuti maka menjadi kebijakan atau policy yang berlandaskan pada adil. Adapun bentuk dari kebijakan yaitu aturan contohnya UU dan peraturan. Aturan terbagi menjadi dua yaitu aturan tertulis contohnya norma hukum dan aturan tidak tertulis contohnya norma kebiasaan. Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih terbiasa mematuhi aturan tidak tertulis karena sudah menerap dalam kehidupan sehari-hari.
Ketika sesrorang memegang kekuasaan haruslah bijak. Di Indonesia sendiri  pada saat pemilihan kekuasaan selalu ramai, namun mereka tidak tahu tindak lebih lanjut. Apabila kebijakan di jabarkan  makan akan membentuk kesejahteraan. Kesejahteraan yaitu tujuan nasional, kesejahteraan akan tercapai apabila keadilan ditegakkan.
Strategi nasional, strategi berasal dari Negara Cina, pada dahulu kala Orang Cina memakai strategi untuk kegiatan perang sehingga dinamakan seni perang. Namun saat ini strategi tidak hanya di pakai dalam kegiatan perang saja tetapi dipakai dalam semua aspek. Strategi itu sendiri artinya tahapan.
Adapun tingkatt keberhasilan politik dan strategi nasional yaitu: 1) baik penyelenggara atau warga Negara beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa contohnya Orang Islam harus memiliki sifat qona’ah. Sifat qona’ah dibangun oleh tiga faktor yaitu sabar, ikhlas, syukur. Ketiga faktor tersebut bisa dibilang menjadi tolak ukur kesejahteraan seorang muslim. 2) ketaatan terhadap Hukum. 3) keterkaitan antara kesadaran, kepatuhan dan ketaatan pada hukum. 4) Iptek yang berlandaskan pada Agama, budaya, dan bangsa.

No comments:

Post a Comment